Senin, 28 Juni 2010

Konsep Zuhud Menurut QS. 2:207

A. MAKNA ZUHUD

Zuhud berasal dari kata kerja dan yang isim masdarnya adalah dan secara etimologi memiliki beberapa makna, diantaranya :

1.Sesuatu yang sedikit, sebagaimana di dalam sebuah hadits yang berbicara tentang waktu ijabah di hari jum’at ( ) artinya yaitu “menyedikitkan” .3)
2.Tidak tertarik kepada sesuatu , sebagaimana firman Allah SWT.



“ Dan mereka menjual Yusuf dengan harga yang murah, yaitu beberapa dirham saja, dan mereka merasa tidak tertarik hatinya kepada Yusuf “ ( QS.Yusuf : 20 )

B. PENDAPAT PARA ULAMA TENTANG ZUHUD

Dari dulu, para ulama telah banyak yang membahas tentang zuhud dan criteria zuhud, masing-masing berpendapat berdasarkan hati dan keadaan yang di saksikannya.
Imam Sufyan al-Tsaury dan Imam Ahmad bin Hambal, mengatakan bahwa zuhud adalah angan-angan

Al-junaidi berkata : “ Zuhud adalah orang yang tidak senang dengan dunia yang ada di hadapannya dan tidak sedih dengan dunia yang hilang”
Ibnu Tamiyah mengatakan : “Zuhud adalah meninggalkan apa-apa yang tidak bermanfaat di akherat”.
Kesempurnaan zuhud bukanlah dengan mengharamkan untuk diri sendiri apa yang telah dihalalkan oleh Allah SWT, akan tetapi dengan menyempurnakan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat-Nya

Maka tidak heran, banyak generasi yang dididik dan dibina oleh Rasulullah SAW, mereka adalah orang yang benar-benar zuhud, harta dan nyawahnya tidak ada artinya bagi mereka bila dibandingkan akherat. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT ;


“ Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan Allah; dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-
hamba-Nya” . ( QS. Al- Baqoroh : 207 )

Menurut Ibnu Abbas, Anas, Ibnu Musayyib, Abu Utsman an-Nahdy. Bahwa ayat ini turun kepada Shuhaib bin Sinan ar-Rumy, ketika ia masuk Islam di Makkah dan ingin hijrah, orang Quraish mencegahnya berhijrah dengan harta bendanya, akhirnya Shuhaib menyerahkan semua hartanya kepada mereka dengan syarat membiarkannya hijrah ke Madinah, akhirnya mereka setuju. Sesampainya di Madinah turunlah ayat ini dan Rasulullah SAW menyambutnya dengan mengatakan, “ Perdagangan yang untung adalah Shuhaib”, Rasulullah mengucapkannya dua kali.


Menurut kebanyakan ulama, ayat ini turun kepada setiap orang yang berjihad di jalan Allah SWT , sedang menurut Qhotadhah hanya kepada orang-orang Muhajirin dan Anshor saja .sebagaimana Firman Allah SWT




“ Dan sesungguhnya kalau Kami perintahkan kepada mereka: "Bunuhlah dirimu atau keluarlah kamu dari kampungmu", niscaya mereka tidak akan melakukannya, kecuali sebagian kecil dari mereka. Dan sesungguhnya kalau mereka melaksanakan pelajaran yang diberikan kepada mereka, tentulah hal yang demikian itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan (iman mereka),” ( QS.an-Nisa’ : 66 )
Abu Bakar as-Shiddiq r.a, pernah mengatakan : “ Seandainya hal itu ( bunuh diri ) diwajibkan kepada kami, akan aku mulai dari diriku dan keluargaku .

C.CARA BERSIKAP ZUHUD

Untuk memudahkan seorang muslim melatih dirinya untuk zuhud, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
1.Mengetahui bahwa dunia adalah baying-bayang yang akan hilang dan musnah ( tidak abadi) sebagaimana Firman Allah SWT dalam QS. Al Hajj :34 dan QS. Ash Shaff: 10-13, dan sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “ Perumpamaan dunia dan aku adalah seperti orang pengendara yang tiduran di baying-bayang pepohonan, kemudian ia pergi dan meninggalkannya”.

2. Mengetahui bahwa setelah kehidupan dunia ada kehidupan di akherat, kedudukannya lebih agung dan lebih penting yaitu negeri yang kekal, bila di bandingkan kehidupan di dunia.

3. Mengetahui bahwa zuhudnyadi dunia tidak bias mencegah dari apa yang telah Allah SWT, tentukannya bagian di dunia, dan ketamakannya terhadap dunia tidak bias akan menarik apa yang tidak di takdirkan untuknya. Ketika mengetahui dan yakin akan hal itu mudahlah bagi kita bersikap zuhud di dunia.

D.TANDA – TANDA ZUHUD

Imam Ibnul Mubarok mengatakan: Zuhud yang paling utama adalah menyembunyikan zuhud, dan hal ini dikembalikan kepada tiga tanda, yaitu : 12)
1.Tidak merasa senang dengan apa yang ada di tangan, dan tidak merasa sedih atas apa yang hilang, dan ini adalah tanda zuhud di dalam harta
2.Tidak ada perbedaan antara pujian dan celaan, ini adalah tanda zuhud di dalam pangkat dan jabatan.
3.Hendaklah rasa tenangnya bersama Allah SWT, yang merasuki hatinya adalah rasa iman dan taatnya. Adapun cinta dunia dan cinta Allah apabila bersarang di hati, maka akan seperti air dan udara yang ada dalam sebuah bejana, apabila air akan masuk maka keluarlah udaranya, tidak akan pernah bisa berkumpul selamanya.

2 komentar:

  1. TI 89 Titanium Calculator - All you need to know
    This calculator samsung watch 3 titanium does not calculate a free bet or used ford fusion titanium bet titanium chords amount with any method, except for the All the latest TI89-TI-89-TATI calculators and titanium framing hammer tables used ford fusion titanium with a

    BalasHapus
  2. Why casinos are rigged - Hertzaman - The Herald
    In the UK, casino games are rigged and wooricasinos.info there is 출장안마 evidence of fraud, crime or disorder or an individual's worrione.com involvement. There are 바카라 also https://septcasino.com/review/merit-casino/ many

    BalasHapus